√ 10 Aplikasi dan Situs Untuk Baca Buku Digital Gratis - Duduk Paling Depan

10 Aplikasi dan Situs Untuk Baca Buku Digital Gratis

10 Aplikasi dan Situs Untuk Baca Buku Digital Gratis


Tetap Berusaha Baca Buku Di Era Gempuran Konten Pendek

Sekalipun sekarang banyak orang mencari hiburan dan informasi dari konten digital seperti video pendek, podcast, atau film, saya yakin hobi membaca buku tetap eksis . 

Dengan membaca buku, biasanya kita akan mendapatkan informasi yang lebih panjang, utuh, dan mendalam. Ini yang menjadi kelebihan membaca buku dibanding informasi yang disajikan melalui konten video pendek. 

Walau harus diakui ya, kemampuan saya membaca buku memang menurun semenjak banyaknya konten digital. Selain itu daya fokus saya jadi memendek karena kebanyakan mengkonsumsi konten pendek dan dengan beragam tema dalam satu waktu. 

Alasan Memilih Buku Digital

Harga buku yang semakin naik (wajar sih karena inflasi dan kenaikan bahan baku juga), dan nggak semua daerah itu ada toko buku, kayak di tempat tinggal saya contohnya. 

Untungnya kemudahan teknologi juga membantu. Sekarang sudah banyak aplikasi dan situs yang menyediakan buku digital secara gratis. Kalaupun ada yang berbayar, pastinya lebih terjangkau dibandingkan buku fisik. 

Berikut aplikasi dan situs untuk baca buku digital (ebook) gratis. 

1. iPusnas

Ipusnas


Ini adalah aplikasi perpustakaan digital yang disediakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia sejak tahun 2016. 

Kita bisa download iPusnas di smartphone, tablet, dan PC. Bisa untuk sistem android maupun iOS. 

Ada seratus ribu lebih koleksi buku yang ada di aplikasi iPusnas. Kategorinya juga beragam, dan lumayan up to date. Jadi kalau ada buku viral yang banyak diulas penggemar buku, coba cari disini biasanya juga ada.

Bahkan ada buku yang susah saya cari buku fisiknya, tapi di aplikasi ini ada versi digitalnya. 


Buku perempuan harus cerdas atur keuangan


Cara menggunakan aplikasi ini juga gampang. Tinggal download - register, dan unduh buku yang kita mau baca.

Untuk buku-buku populer biasanya harus antri dan rebutan. Masa pinjamnya juga terbatas selama 5 hari, tapi kalau belum selesai baca, kita bisa pinjam ulang. 

2. iPustaka Daerah



Biasanya aplikasi iPustaka disedikan oleh badan perpustakaan setiap Provinsi. Jadi kalau mau cari aplikasinya bisa ketik "iPustaka + nama daerah" contohnya iPustaka Aceh. 

Secara tampilan dan penggunaan, mirip-mirip dengan iPusnas. Bedanya koleksinya tidak sebanyak iPusnas. Tetapi di iPustaka daerah, akan ada buku-buku tentang sejarah daerah tersebut, atau buku-buku dari penulis lokal. 

Cocok buat kita yang mau tahu lebih banyak tentang suatu daerah tersebut. Terutama yang butuh literasi untuk mengerjakan tugas dengan tema spesifik suatu Daerah.

3. Google Play Book

Sebenarnya memang aplikasi ini memang untuk menjual buku-buku digital / ebook. Tapi banyak juga kok yang gratis. 

Google playbook


Kelebihannya aplikasi google play book biasanya lebih cepat dalam menyediakan buku-buku terbaru terutama dari penulis/penerbit terkenal. 

Meski ada yang berbayar, tapi kita tetap diberi sample gratis kurang lebih 1-3 chapter. Ini membantu kita sebelum memutuskan untuk membeli full ebook atau buku fisiknya. 

4. EPerpusdikbud 

EPerpusdikbud  adalah aplikasi perpustakaan digital milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, yang menyediakan ribuan koleksi buku digital / ebook secara gratis. 

Aplikasi ebook gratis


Kalau saya lihat sepintas (belum eksplor terlalu jauh) banyak buku-buku literatur yang menunjang bagi pelajar dan mahasiswa. Lumayan banget membantu menghemat biaya budget beli buku. 

5. Diary Sijunjung

Diary Sijunjung adalah aplikasi perpustakaan digital yang dikembangkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung. Sayangnya aplikasi ini baru bisa diunduh di Google Play, di iOS belum ada. 

Meski ini perpustakaan digital daerah, tapi juga menyediakan banyak buku populer lho terutama novel-novel terkenal. Cocok bagi pecinta buku-buku fiksi. 

6. akses-sni.bsn.go.id

Nggak perlu download aplikasi, karena ini berbasis situs seperti biasa, tinggal ketik akses-sni.bsn.go.id pada browser, daftar dan login seperti biasa. 

Disini kita bisa akses ribuan ebook tentang Standar Nasional Indonesia, mulai dari pertanian, pangan, teknologi, dan sebagainya. Cocok nih buat mahasiswa atau pekerja yang perlu mendalami bidang keilmuannya.

7. iBI Library

iBI Library adalah aplikasi perpustakaan digital milik Bank Indonesia yang menyediakan koleksi buku digital, audio, dan video. Bisa diunduh di Play Store maupun App Store. 

Aplikasi ebook gratis


Meski koleksinya nggak sebanyak iPusnas tapi ini koleksi bukunya juga banyak yang menarik, apalagi terdapat buku yang bisa kita nikmati secara audio/visual. Masa pinjamnya juga lebih lama yaitu 6 (enam) hari.

8. Lets Read Asia

Saya suka banget Lets Read Asia karena menyediakan banyak buku anak dengan bahasa yang ringan untuk dicerna anak, ada kategori umur, dan ilustrasinya sangat menarik. 



Bisa diakses melalui  Play Store / App Store, bisa juga  melalui situs letsreadasia.org.

Keunggulannya setiap buku bisa kita atur bahasanya karena ada fitur ubah ke banyak bahasa asing, dan juga beberapa bahasa daerah. 

Kalau belum beli buku baru buat anak, saya suka bacain cerita dari Lets Read Asia. 

9. buku.kemdikbud.go.id 

Buku pelajaran gratis


Situs yang disedikan oleh Kemdikbud ini, merupakan platform digital berisi buku pendidikan dalam berbagai format (pdf, audio, dan interaktif) untuk mendukung siswa dan guru dalam kegiatan belajar mengajar.

Disini kita bisa mencari buku-buku pelajaran dengan basis Kurikulum K13 atau Kurikulum Merdeka, mulai dari tingkat SD-SMP-SMA.

10. literacycloud.org

Mirip dengan letsreadasia, di literacycloud ada banyak buku cerita anak yang tersedia dalam banyak bahasa negara salah satunya bahasa Indonesia. 

Ebook buku anak gratis


Situsnya ringan banget diakses, tulisannya besar-besar, ilustrasi menarik, jadi cocok untuk anak yang baru mulai bisa membaca. 

***

Nah itulah 10 aplikasi dan situs untuk baca buku digital (ebook) secara gratis. Dengan kemudahan teknologi di genggaman tangan, nggak ada alasan untuk nggak baca buku karena bisa kita akses darimana saja asalkan masih ada gawai dan sinyal internet. 

Sejauh ini yang paling sering saya gunakan untuk membaca adalah aplikasi iPusnas, Google Play Book, dan LetsReadAsia. Selebihnya saya akses tapi nggak terlalu sering karena menyesuaikan kebutuhan juga. 

Kalau teman-teman sukanya baca buku digital di aplikasi/situs apa nih? Ceritakan di kolom komentar, ya.


Get notifications from this blog